Sukses

Sepeda Makin Canggih, Bisa Deteksi Lubang di Jalan Raya

Sepeda pintar ini dapat terhubung dengan aplikasi smartphone untuk mendeteksi lubang yang bertebaran di jalanan.

Liputan6.com, Toronto - Banyak perusahaan teknologi tengah mengembangkan mobil pintar yang bisa berjalan tanpa supir (self-driving). Dan kali ini ada sebuah sepeda pintar yang dapat terhubung dengan aplikasi smartphone untuk mendeteksi lubang yang bertebaran di jalanan.

Sepeda yang diberi nama Valour ini dikembangkan oleh empat orang yang tergabung dalam startup Vanhawks. Mereka adalah Sohaib Zahid (Co-fouder dan CEO), Ali Zahid (Co-founder dan COO), Niv Yahel (Co-founder dan CTO) serta Adil Aftab (Co-founder dan CMO).

Dirancang di Toronto, Kanada, sepeda ini menyuguhkan teknologi GPS yang terhubung melalui koneksi Bluetooth berdaya rendah pada setang yang memungkinkan pengendara untuk menavigasi dan mencapai tujuan dengan lebih mudah dan cepat.

Ditambah indikator LED dan detektor blind-spot untuk mengingatkan pengendara sepeda akan bahaya dan memberitahu pengendara mobil yang berada di sekitar untuk selalu waspada. Demikian seperti dikutip dari Daily Mail, Sabtu (17/5/2014).



Menariknya, Valour juga dilengkapi sensor accelerometer 9-axis yang dapat mendeteksi serta mencatat lubang dan benjolan yang ada di jalan raya. Data itu pun bisa di-share kepada komunitas Vanhawks. Sensor yang ada juga dapat mengukur berapa kalori yang terbakar dan jarak yang telah ditempuh serta kecepatan dan waktu terbaik pada rute tertentu.

Sepeda ini diklaim dirancang khusus untuk kenyamanan dan keselamatan dengan desain ergonomis yang bertujuan untuk mengurangi tekanan pada punggung, tulang belakang, dan bokong pengendara agar aktivitas bersepeda lebih optimal.

Vanhawks Valour rencananya akan dijual dengan harga mulai dari US$ 999 hingga US$ 1,249, dengan berbagai tipe seperti single speed atau fixie dan multispeed.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini